Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 124
Total Hits : 1,820,892
Pengunjung Hari Ini : 53
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 501,228

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

 Wisata Baru Di Loa Janan

Taman Wisata Emastry and Resort Batuah Loa Janan kini hadir sebagai salah satu destinasi wisata. Soft opening oleh Wabup Kukar Rendi Solihin dilaksanakan pada Jumat 16 Desember 2022 lalu. Taman ini menambah taman wisata yang dimiliki Desa Batuah. “Sebelumnya kita hanya ada Taman Buah Elai (Belai), sekarang ditambah Taman Emastry,” ucap Kades Batuah, Abdul Rasyid. Meskipun sudah diresmikan oleh Wabup Rendi, namun taman Emastry and Resort belum dibuka untuk umum. Taman tersebut dibangun oleh salah satu pengusaha Samarinda H Lizar Gunawan. “Masih menunggu pembangunan kolam renang selesai, setelah itu, baru dibuka untuk umum. Direncanakan akan grand opening di bulan Maret 2023 nanti,” ujar Kades Batuah.
Bapak Rasyid menjelaskan konsep yang ditawarkan Taman Emastry. Selain kolam renang semiwater boom, ada sekitar sembilan wahana permainan yang akan memanjakan para pengunjung. Tersedia juga tempat menginap di taman tersebut. “Nanti akan dibuka siang sampai malam, karena daya dukung pencahayaan lampu sangat banyak terpasang,” sebutnya. Dari sisi pengelolaan, nantinya akan berkolaborasi antara pengusaha dengan BUMDes Batuah. Dicanangkan nantinya taman Emastry and Resort menberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat Batuah. Pengusaha dan Pemdes Batuah sudah menjalin kerja sama yang baik. Pemkab akan terus berkontribusi demi pembangunan di desa-desa salah satunya menyangkut kepariwisataan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Potensi Pariwisata Melalui Desa Wisata Benua Elai

Desa Batuah menjadi Desa Wisata di Kutai Kartanegara yang dikenal sebagai destinasi pariwisata berbasis perkebunan buah elai seiring berdirinya Desa Wisata Benua Elai. Desa ini menyuguhkan banyak potensi dan keunggulan. Desa Batuah merupakan wajah yang cukup baru bagi pariwisata di Kutai Kartanegara. Desa Wisata Benua Elai adalah konsep wisata berbasis desa yang dijalankan dengan melibatkan kreatifitas masyarakat. Konsep wisata Benua Elai juga diharapkan mampu mengenalkan berbagai macam keunikan yang dimiliki Desa Batuah. Sebab, varian Elai di desa ini juga sangat beragam.
Desa Wisata Benua Elai terbentuk di Dusun Karya Makmur, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan ini sudah diresmikan pada 9 November 2021 lalu oleh Bupati Kutai Kartanegara, Bapak Edi Damansyah. Desa Wisata Benua Elai berisikan dua kolam pemancingan besar dan dua kolam sedang. Area 12 hektare tersebut juga bakal dilengkapi gazebo, spot foto, workshop, budidaya elai, dan sarana edukasi. Ini juga selaras dengan salah satu misi Kabupaten Kutai Kartenegara yaitu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif.

 Wahana Rekreasi Istana Bunga Jembayan

Pemerintah sudah membuka kelonggaran pandemi pada awal 2023 sehingga berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata yang ada di Kutai Kartanegara salah satunya Istana bunga. Objek wisata ini merupakan sebuah wahana rekreasi keluarga dan outbond yang terletak di kecamatan loa kulu desa jembayan. Kolam renang yang bervarian jenis kedalaman diperuntukkan anak-anak dan yang paling dalam skitar 1,5 meter untuk orang dewasa. Ada tersedia gazebo di dekat kolam renang dewasa dan anak-anak sebagai tempat menunggu dan mengawasi anak berenang, juga bisa untuk makan dan bersantai. Tiket masuk sekarang naik lagi jadi Rp. 20.000 rupiah, Berlaku bagi dewasa dan anak-anak.
Ada kantin nya bagi siapa yang mau belanja makanan dan minuman. Halaman parkir lumayan luas tapi apabila pengunjung yang datang ramai sekali seperti hari libur terkadang tidak muat lahan parkir nya dan perlu perluasan lagi. Selebihnya sudah bagus dan untuk taman bunga nya sudah bagus dan rapi. Sangat cocok untuk berswa foto keluarga maupun pasangan. Kolam berenang juga mempunyai fasilitasnya yaitu kamar mandi alias kamar bilas untuk pria yang cukup nyaman untuk pengunjung. Untuk kamar mandi/bilas wanita juga sudah bagus sehingga kenyaman dan keamanan pengunjung terjaga dengan baik.


   

 Pantai Duta Pemedas Samboja Selalu Ramai

Pantai Duta Pemedas Samboja menawarkan kearifan lokal yang indah, dikonsep dengan sedemikian rupa sehingga pengunjung atau wisatawan bisa menikmati indahnya pantai sembari makan maupun minum yang telah disediakan di sekitar area untuk dibeli. Pantai ini selalu ramai terlebih saat libur awal tahun 2023 kemarin hingga setiap akhir pekan. Pohon-pohon berdiri tegak dipantai menjadi wadah yang nyaman untuk pengunjung maupun wisatawan berteduh sambil makan-makan bagi yang membawa bekal makanan sendiri. Di kawasan depan juga terdapat gazebo-gazebo yang dibangun untuk duduk di pinggir pantai sembari menikmati angin yang nyaman. Ada juga jembatan yang terbentang ke depan pantai hingga pertengahan pantai yang cantik untuk area berfoto keluarga maupun foto sendiri.
Ada replika kapal bertuliskan pesona Indonesia, ada juga desain unik seperti bentuk bintang dan lain-lain. di ujung jembatan terdapat tulisan Pantai Duta Pemedas Samboja tepat menghadap ke laut sehingga panorama air laut pinggir pantai sangat terasa disini. Orang-orang selepas bekerja senang menghabiskan waktu siang atau sore disini untuk sekedar refresingkan diri. Ada yang membawa sekeluarga, dan ada juga yang membawa pasangannya. Pengunjung akan terlihat sangat ramai saat akhir pekan tiba. Protokol kesehatan juga tetap diterapkan khususnya di sekitar area pantai walaupun pembatasan sekarang sudah ditiadakan pemerintah. 

 Keindahan Alam Puncak Bukit Biru

Wisata puncak bukit biru yang terletak di desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara ini memang sudah sejak lama dikenal hingga tahun 2023 ini menjadi salah satu tujuan wisata alam terutama bagi kalangan muda. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk menikmati keindahan alam seperti hamparan persawahan luas yang terkadang diselimuti oleh awan terlebih saat hari libur atau akhir pekan. Wisata alam Bukit Biru bagi sebagian orang mungkin masih terdengar asing. Wisata puncak Bukit Biru sudah sejak lama menjadi salah satu destinasi spot terbaik khususnya di Kalimantan Timur. Spot terbaik yang ditawarkannya adalah awan senja. Awan senja merupakan salah satu kondisi permukaan bawah bukit yang tertutupi oleh awan. Hal inilah yang menjadi alasan banyaknya fotografer mengabadikan momen melalui gambar atau video.
Tak jarang banyak sekali remaja yang melakukan swa-foto dengan latar belakang hamparan sawah yang luas. Keindahan alamnya yang masih asri dan alami membuat tempat wisata ini menjadi daya tarik wisata baik dari kalangan dewasa hingga remaja. Bagi Anda pencinta alam, menjajal pendakian Bukit Biru ini merupakan ide yang sangat bagus untuk mengisi waktu luang. Terdapat pula spot foto yang menarik dimana tumpukan bebatuanlah yang menjadi latar belakangnya. Hal ini juga semakin membuktikan bahwa wisata alam ini masih asri dan alami, sehingga tak banyak kerusakan alam yang dapat mengurangi nilai estetika keindahan natural. Apabila Anda tertarik mengunjungi Puncak Bukit Biru, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan ke-alamian wisata yang masih terjaga keasriannya tersebut.

 Wisata Perbukitan Negeri Jahetan Layar

Bagi Anda yang penat dengan rutinitas sehari-hari dan suasana perkotaan, boleh mencoba tempat wisata di Kutai Lama, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara. Nama wisatanya ialah Negeri Jahetan Raya, lokasi wisata ini cocok untuk bercamping di perbukitan yang masih asri dengan view Sungai Mahakam. Tempat wisata yang cukup familiar bagi warga Kukar dan sekitarnya ini, merupakan lokasi wisata buatan. Di lokasi ini, pengunjung dapat memilih tempat menginap berupa tenda atau vila. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat pemandangan alam Sungai Mahakam dan daerah sekitarnya dengan menyewa kendaraan ATV di jalur yang disediakan.
Jelang akhir pekan terlebih masih nuansa tahun baru 2023, objek wisata buatan tersebut ramai dikunjungi warga. Umumnya pengunjung yang datang dari Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Berau, Tenggarong dan Balikpapan bahkan ada yang datang dari luar Kaltim. Untuk menambah kenyamanan, pengelola objek wisata sudah menyiapkan tempat menginap dalam bentuk bangunan atau villa atau tenda atau camping.

 Rapat Kegiatan Anugerah Tempat Wisata Idaman 2023

Dinas Pariwisata melalui Program Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata akan melaksanakan kegiatan Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) tahun 2023 dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Pengelola Tempat wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, pelaksanaan kegiatan di mulai dari bulan Maret s/d November 2023. Rapat ini berlangsung hari Kamis, 12 Januari 2023 bertempat di ruang rapat Dinas Pariwisata.Dengan adanya kegiatan Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) tahun 2023 ini, 
Tempat wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara akan diberikan apresiasi sehingga tempat wisata terus berbenah untuk meningkatkan kualitas tempat wisatanya terlebih Kabupaten Kutai Kartanegara nantinya akan terkena dampak dari Ibu Kota Negara Nusantara, diperkirakan akan berdampak juga pada kepariwisataan sekitar khususnya menyangkut tempat wisatanya.

 Wisata Danau Danurdana Perjiwa

Sektor pariwisata di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, terus mengembangkan potensi wisata alam yang ada yaitu Danau Danurdana yang terletak di RT 5. Danau yang terbentuk dari bekas galian tambang batubara ini oleh Pokdarwis Desa Perjiwa yang diketuai Fajarudin dikelola sedemikian rupa sehingga kini menampilkan pemandangan alam yang eksotis nan asri. "Kami sangat mendukung sektor wisata yang terus digaungkan oleh Pak Bupati, karena kemarin kita desa yang mengajak investor untuk mengelola itu. Disana kan ada beberapa warga yang merupakan pemilik lahan, jadi kami pemerintah desa yang kemarin mengurusi itu bersama warga selaku pemilik lahan agar bersedia untuk dikelola menjadi tempat wisata," kata Kepala Desa Perjiwa, Erik Nur Wahyudi kepada media lokal setempat belum lama ini.Selain menyuguhkan keindahan alam, Bapak Kades Erik menegaskan, Danau Danurdana Desa Perjiwa ini juga menyediakan wahana permainan yang memacu adrenalin bagi pengunjungnya yakni keseruan menunggangi banana boat. 
"Ada wahana-wahana nya yang terus akan selalu kita kembangkan bersama Pokdarwis Desa Perjiwa yang diketuai Om Fajar. Saat ini yang sudah tersedia wahana adalah banana boat kemudian kawasan sekitar Danau Danurdana diwarnai dengan lampu-lampu hias, juga ada air terjun buatan. Wisata danau ini buka setiap hari dan ini hasil kerjasama Pemdes, investor dan Pokdarwis," ujar beliau saat diwawancarai.

 Ladang Budaya Saat Akhir Pekan

Ladang Budaya (Ladaya) di Mangkurawang menjadi salah satu objek wisata tujuan masyarakat yang hendak berlibur setiap akhir pekan terlebih masih nuansa tahun baru 2023. Jumlah kunjungan wisata ke Ladaya mengalami peningkatan setiap hari libur khususnya saat akhir pekan. Melalui petugas Ladang Budaya yang bertugas tetap mengharuskan pengunjung menjaga Protokol Kesehatan (Prokes), seperti mencuci tangan, cek suhu Adapun wahana yang bisa dikunjungi ditempat Objek Wisata Ladaya seperti Flying Fox, Paint Ball, outbond.
Tempat istirahat yang merupakan bangunan kecil dengan bentuk sederhana yang menggunakan arsitek khas Rumah Tradisional Kutai dan masih banyak lagi wahana lainnya yang ramai dikunjungi. Tempat ini berada tidak jauh dari kota Tenggarong, sehingga akses menuju tempat wisata ini cukup mudah, Harga tiket masuk yang dikenakan juga cukup murah sekitar Rp. 15 ribu.tubuh dan memakai masker sebelum memasuki tempat objek wisata ladaya.

 Rapat Penetapan Kalender Event 2023

Rapat pembahasan penetapan Kalender Event Kabupaten Kutai Kartanegara 2023 di ruang rapat Dinas Pariwisata Kukar hari Senin pagi (9/1). Rapat ini membahas tentang singkronisasi penetapan event dengan tanggal pelaksanaannya sehingga event tersebut sesuai dengan jadwal yangh tertera di kalender event yang akan dibuat.
Rapat ini terlaksana Dalam rangka menjalankan program dedikasi Kepala Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F), melalui kegiatan Fasilitasi Proses Kreasi Produksi, Distribusi, Konsumsi dan Konservasi Ekonomi Kreatif. Direncanakan dalam waktu dekat akan diumumkan ke publik sehingga seluruh masyarakat akan mengetahui event-event yang akan dilaksanakan dalam sepanjang tahun 2023.