Bos 222

Bekantan S Hitam

Tabang

Museum Mulawarmanr

Taman Gubangss

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray Baruss

Ladayass

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 41
Total Hits : 1,865,199
Pengunjung Hari Ini : 13
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 527,254

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 154 Next > Last >>

 Kemeriahan Pembukaan FKBN 2024

Kukar Festival Budaya Nusantara ke-2 tahun 2024 berlangsung meriah dengan berbagai penampilan tari dari partisipan dan delegasi seni budaya dari seluruh Indonesia. Acara ini berlangsung di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kutai Kartanegara, suguhan dengan penampilan defile marching band tari massal bertemakan “Gema Budaya Etam” yang melibatkan 200 penari dari berbagai sekolah, paguyuban, kelompok seni, dan sanggar tari di Kutai Kartanegara. Penampilan ini menjadi salah satu sorotan utama dari acara pembukaan yang sangat memukau penonton yang hadir.
Pembukaan ditandai dengan pemukulan gimar oleh Sekda Sunggono yang didampingi unsur Forkopimda. Acara dilanjutkan dengan tarian massal dan pertunjukan seni dari berbagai kelompok kesenian yang memukau penonton. “Semua etnis terlibat dalam Kukar Festival Budaya Nusantara, bukan hanya sebagai ajang silaturahmi melainkan penguatan budaya dan kesenian daerah, menunjukkan Indonesia kaya akan budaya,”.
 Selain nilai budaya, KFBN 2024 juga diharapkan memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kukar.
“Festival ini menunjukkan betapa kaya dan berwarnanya budaya di Nusantara, serta menjalin hubungan harmonis antar suku. Kutai Kartanegara yang merupakan miniatur Indonesia dengan berbagai etnis dan agama, dapat hidup berdampingan dengan aman dan tenteram. 200 penari dari berbagai sekolah, paguyuban, kelompok seni, dan sanggar tari di Kutai Kartanegara. Penampilan ini menjadi penutup yang sempurna untuk pembukaan yang penuh kebanggaan dan kebersamaan budaya.

 Kirab Budaya KFBN 2024

Hujan yang terus mengguyur Tenggarong sejak pagi hari pada kegiatan itu, tidak menyurutkan niat masyarakat yang ingin menyaksikan penampilan dari para peserta kirab budaya tersebut, hal tersebut terlihat karena para penonton tidak terlihat bergeser dari panggung utama, merekapun terlihat asik menonton penampilan para peserta walaupun dalam keadaan hujan sembari menggunakan payung, dan jas hujan. 
Sementara itu, Plt Kadis Pariwisata Kukar Sugiarto saat melepas peserta kirab mengatakan bahwa kirab budaya tersebut merupakan rangkaian dari KFBN 2024, serta sebagai ajang silaturahmi antara masyarakat Kukar dengan berbagai suku, agama, budaya dengan menunjukkan budaya dan seni yang dimiliki masing-masing.
“Kami dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan kegiatan Kirab Budaya. Kami juga memohon maaf atas kekurangan pada pelaksanaan kegiatan kirab budaya ini, dan semoga kegiatan ini berjalan lancar dan aman,” Plt.Kepala Dinas Pariwisata, Sugiarto mengatakan KFBN  berlangsung pada 7-13 Juli. 
Kegiatan diawali Kirab Budaya yang dilangsungkan pada hari ini. Melalui kegiatan itu, Dispar berharap seni dan budaya Kukar dapat lebih dikenal masyarakat luas, terlebih dengan hadirnya Ibu Kota Nusantara. Sugiarto menekankan bahwa  Kukar tidak hanya menyuguhkan wisata alam, tetapi juga miliki nilai edukasi terhadap esensi ragam seni hingga peninggalan sejarah dari leluhur.

 Kukar Festival Budaya Nusantara

KUKAR FESTIVAL BUDAYA NUSANTARA✨
Hallo sanakku yang berada di Odah Etam atau di luar daerah👋
Yuk datang ke event Kutai Kartanegara di bulan Juli😍 bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya dari penjuru Nusantara!
Festival ini menyajikan kolaborasi pertunjukan seni budaya, musik, tari serta Adat Nusantara✨
23 Kelompok Paguyuban | 53 Sanggar Seni | 20 Kecamatan | 10 Kabupaten/Kota Kaltim | 20 Provinsi
Catat tanggal dan lokasi pelaksanaannya ya
🗓️  Tenggarong, 8-13 Juli 2024
📍 Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang | Lapangan Basket Timbau | Amphiteater Taman Kota Raja

 Bekesahan Dinas Pariwisata Dengan Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf)

Bekesahan Dinas Pariwisata dengan pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) hari Selasa malam, 21 Mei 2024 di Pendopo Bupati dengan tema "Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif di Lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara".Menurut Plt Kepala Dispar Kukar, Pak Sugiarto, kegiatan ini mengambil tema “Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif di Lingkungan Kabupaten Kutai Kartanegara”. “Kita coba bekesahan bersama pelaku ekraf, kita kumpulkan komunitas-komunitas yang ada di Kukar untuk memberikan fasilitas untuk menyampaikan usulan atau aspirasi kepada Dispar atau OPD lain dalam mengembangkan usaha ekraf di Kukar. 
Tujuannya adalah untuk mendengarkan keluh kesah mereka selama ini, ”. beliau menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan mensosialisasikan salah satu misi Kukar IDAMAN yaitu “Memperkuat Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”, serta menekankan 17 sub sektor Ekraf yang ada di Kukar.
“Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk perbaikan di masa mendatang. Dengan ngapeh, kendala-kendala yang selama ini dihadapi dapat ditemukan solusinya satu per satu. Kemudian kita akan melanjutkan kegiatan ini nantinya, dengan melibatkan beberapa pihak supaya benar-benar fokus pada satu pembahasan yang diharapkan menghasilkan notulen yang dapat difasilitasi oleh Dispar dan dinas terkait, untuk memenuhi keinginan masyarakat.

 Etam Begenjoh Malang Sukses

Ramainya pengunjung yang hadir menyaksikan budaya Kutai Kartanegara di acara Etam Begenjoh 2024 di Alun - alun kota Malang hari Sabtu malam (18/5) menampilkan penampilan seni budaya Kutai Kartanegara dengan menampilkan 3 Poros Kebudayaan, yaitu budaya Pesisir, Budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, dan Budaya Dayak pedalaman
Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin hadir dan ikut meriahkan kegiatan Etam begenjoh dengan ikut menari Hudoq bersama bersama Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sugiarto, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kukar, beberapa kepala OPD lainnya, para mahasiswa dan masyarakat Kota Malang yang saat itu sangat ramai menonton, pada Sabtu (18/5/2024) di Alun alun Kota Malang. Dalam kesempatannya Rendi Solihin menyampaikan, “Etam Begenjoh yang artinya kita beramai-ramai, yang dahulu kala di zaman Kerajaan Kutai Kartanegara ini sudah sering dilakukan untuk menfasilitasi atau memberi hiburan kepada masyarakat Kutai Kartanegara khususnya dan masyarakat Kaltim umumnya oleh Kesultanan”.
“Dan malam ini kita laksanakan di Kota malang untuk pertama kali, dan sudah beberapa kali dilaksanakan di kota lainnya yang tujuannya untuk memperkenalkan seni budaya Kukar kepada masyarakat Luas”. “malam ini adalah moment untuk memperkenalkan Kukar secara keseluruhan sebagai mitra Ibu Kota Nusantara (IKN) yang ada di Provinsi Kaltim”.
“Terima kasih dan apresiasi kepeda seluruh panitia para mahasiswa Kukar yang ada di Kota Malang”

 Keseruan Kegiatan Etam Begenjoh 2024

Keseruan kegiatan Etam Begenjoh 2024 di Alun - alun kota Malang Sabtu sore (18/5) makan bersama atau beseprah yang di lanjutkan dengan olahraga tradisional, menjadi pavorit warga untuk ikut berpartisipasi mengikutinya.
Sedikit pengertian mengenai beseprah, bahwa dahulu kala, beseprah diselenggarakan oleh Sultan yang berkuasa sebagai jamuan kepada rakyatnya. Jamuan tersebut menjadi simbolisasi harapan dan doa yang dipanjatkan oleh Sultan agar dapat menjadi pemimpin yang selalu mengayomi masyarakat yang dipimpinnya. Meski secara politis Kesultanan Kutai tidak lagi memerintah warga Kutai, nilai-nilai ini tetap dilestarikan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Jika dahulu pihak Keraton yang menyuguhkan aneka hidangan bagi masyarakat, maka kini hidangan-hidangan tersebut disediakan oleh jajaran dinas Kabupaten Kutai.
Pada acara beseprah, seluruh hadirin duduk secara berkelompok mengelilingi hidangan yang telah disajikan. Acara diawali dengan berdoa bersama dengan dipimpin oleh satu orang kemudian setelah terdengar bunyi gong yang di pukul oleh Sultan barulah semua yang peserta diperbolehkan untuk menyantap makanan. Meski yang hadir dari beragam status sosial namun saat berlangsungnya acara perbedaan sama sekali tidak terasa. Mereka menyantap hidangan bersama – sama secara akrab dan rukun, terlihat juga turis dari mancanegara yang turut menikmati hidangan.

 Dispar Kukar Travel Road Show Ke Malang

Pelaksana Tugas Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) Sugiarto buka kegiatan Travel Road Show sebagai ajang promosi wisata yang dimiliki Kukar ke masyarakat diluar Kukar agar masyarakat lebih mengenal wisata Kukar dan mau datang ke Kukar, pada Sabtu (18/5/2024) di ruang aula Hotel Whiz Malang Jawa Timur.
Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sugiarto dalam sambutannya mengatakan, “Ini bagian dari promosi kami untuk masyarakat luas sebagai media komunikasi kami dengan pihak lain untuk meningkatkan PAD melalui wisata dan kuliner”. “Terima kasih telah datang dan membantu promosi atau jembatan wisata kami”,. Dihadapan peserta buyer dan seller.
Travel Road Show Dispar Kukar mempertemukan antara Seller dan Buyer secara langsung, yang merupakan upaya dari pemerintah Kukar dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan pariwisatanya. Dalam kegiatan ini Dispar Kukar menggandeng pihak ketiga yang ikut mendukung perkembangan dan mempromosikan pariwisata Kukar seperti, DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Desa Wisata Pela (terkenal dengan wisata Pesutnya) Forum Sadar Wisata (Pokdarwis) Kukar, Panrita Lopi Beach, Grand Fatma Hotel, Hotel Elty, dan Tata Travel.

 Rapat Kota Raja Tourism Running Festival

Dinas Pariwisata Kab kukar akan kembali mengadakan even Kota Raja Tourism Running Festival.  Berlangsung di ruang rapat Dinas Pariwisata, rapat ini di hadiri dari berbagai pihak terkai sebagai penyelenggara, diantara Adyatama Dispar beserta staf, pihak Kaltim Post dan hadir pula Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara Triyatma didampingi Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Zikri Umulda, untuk memimpin rapat perdana Kota Raja Tourism Running Festival, pada Rabu (15/5/2025), juga turut dihadiri beberapa Adyatama Dispar dan Stafnya.
Dijelaskan panitia Kota Raja Tourism Running Festival, sampai saat ini sudah sebanyak 3750 peserta yang sudah mendaftar. Lomba dibagi dalam beberapa kategori seperti, 1K, 3K, 5K, 10K, 20K dan sprint 150m. Selain itu ada penampilan music dan tari tradisional dan UMKM.
Kota Raja Tourism Running Festival diselenggarakan pada tanggal 25 dan 26 Mei 2024 di Taman Kota Raja Tenggarong (dekat jembatan).
“Mudah-mudahan pelaksanannya berjalan dengan baik dan lancar”, ungkap Triyatma menutup rapat.

 Pelatihan Pemandu Wisata

Pelatihan Sertifikasi Pemandu Wisata pada Kelompok Sadar Wisata(Pokdarwis) dan Pengelola Obyek Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara tanggal 12 s/d 14 Mei 2024 di Hotel Grand Elty SinggasanaTenggarong resmi dibuka Plt Kepala Dinas Pariwisata, Sugiarto, SH, M.Si hari Minggu malam (12/5). Dengan adanya pelatihan ini, peningkatan sumber daya manusia terus ditingkatkan, salah satunya dalam pembinaan pemandu wisata yang ada di daerah-daerah yang dikelola oleh Pokdarwis sehingga nantinya berdampak kepada peningkatan layanan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke suatu objek wisata. Peserta terdiri dari 30 peserta masing - masing perwakilan Pokdarwis dan Objek Wisata yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.
“Kami melakukan sertifikasi pemandu wisata, sesuai dengan instruksi pak Bupati, untuk memperhatikan pokdarwis yang ada di Kukar. Tentunya supaya mereka ini memiliki sertifikasi yang memang diakui. Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini, peningkatan sumber daya manusia terus ditingkatkan, salah satunya dalam pembinaan pemandu wisata yang ada di daerah-daerah yang dikelola oleh Pokdarwis. “Sehingga nantinya berdampak kepada peningkatan layanan kepada wisatawan yang datang berkunjung ke suatu objek wisata,.
beliau menambahkan, pelatihan tersebut dapat mencakup berbagai aspek seperti pengetahuan tentang destinasi wisata, keterampilan komunikasi, etika dan tanggung jawab sebagai pemandu, serta keselamatan dan keamanan. “Semoga kedepan dengan peningkatan SDM yang ada mampu mengembangkan wisata yang ada di Kukar, ”

 Rapat Bersama Pegiat Seni Etam Begenjoh Malang

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara Sugiarto didampingi Kepala Bidang Pemasaran Triyatma dan Adyatama Kepariwisataan Ahli Muda Awang Ivan pimpin rapat event Etam Begenjoh Malang dengan pegiat seni dan pengelola destinasi wisata, pada Rabu (8/5/2024) pukul 09.15 di ruang rapat Dispar.
Pak Sugiarto dalam arahannya mengatakan, “Di Event Etam Begenjoh melalui Dispar kita membawa budaya lokal kita, semoga kedepan mereka datang ke Kukar dan dapat meningkatkan ekonomi kita”. “Mari kita sama-sama koordinasi untuk meningkatkan budaya kita, kita promosikan budaya kita disana, dan semoga ini terus berlanjut”.
Seperti yang diuraikan Kepala Bidang Pemasaran Triyatma, “Beberapa tampilan kesenian yang akan tampil nanti pada tanggal 18 Mei 2024 di Alun - alun Kota Malang seperti tari Belian, tari Perang, Hudoq, Jepen Menari, tari Topeng Kesultanan, Tarsul Congkil, Tingkilan, Fashion dan tari Pedalaman ditambah Sape”.
Harapannya, “Semoga berjalan dengan baik dan sukses”