Bos 222

Bekantan S Hitam

Tabang

Museum Mulawarmanr

Taman Gubangss

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray Baruss

Ladayass

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 17
Total Hits : 1,830,828
Pengunjung Hari Ini : 16
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 507,537

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 117 Next > Last >>

 Wisata Danau Danurdana Dipadati Pengunjung

Danau yang terbentuk dari bekas galian tambang batu bara ini oleh Pokdarwis Desa Perjiwa yang diketuai Fajarudin dikelola sedemikian rupa sehingga kini menampilkan pemandangan alam yang eksotis nan asri, melengkapi wisata alam yang disajikan oleh Desa Perjiwa setelah sebelumnya sudah jauh lebih dulu terkenal yakni Air Terjun Perjiwa. Terlihat pengunjung ramai berdatangan ke objek wisata yang terbilang baru viral tahun 2023 ini dengan penuhnya parkiran yang menampung kendaraan roda dua dan roda empat. 
Selain menyuguhkan keindahan alam, Danau Danurdana Desa Perjiwa ini juga menyediakan wahana permainan yang memacu adrenalin bagi pengunjungnya yakni keseruan menunggangi banana boat. Ada wahana-wahana nya yang terus akan selalu kita kembangkan bersama Pokdarwis Desa Perjiwa. Saat ini yang sudah tersedia wahana adalah banana boat kemudian kawasan sekitar Danau Danurdana diwarnai dengan lampu-lampu hias, juga ada air terjun buatan. Wisata danau ini buka setiap hari dan ini hasil kerjasama Pemdes, investor dan Pokdarwis.

 Objek Wisata Alam Taman Gunung Kelapis

Ada objek wisata alam baru di Kabupaten Kutai Kartanegara bernama Taman Gunung Kelapis Permai yang menjadi salah satu spot wisata unggulan yang berada di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu. Tempat wisata ini dikelola langsung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Kelapis Permai. Tempat wisata alam yang tepat berada di RT 2 Dusun Jembayan Induk ini masih terus dilakukan pengembangan secara bertahap. Nantinya akan dijadikan tempat bersantai untuk menghabiskan waktu di sore hari. Untuk proses pengembangannya, Pokdarwis Gunung Kelapis terus berkoordinasi dengan beberapa perusahaan dan dunia usaha, terutama di sekitar Desa Jembayan. Untuk bisa ikut berperan dalam proses pengembangan tempat wisata ini, seperti penambahan pembangunan gazebo serta beberapa bangunan lain yang dianggap perlu. Taman Gunung Kelapis Permai seluas dua hektar (ha) memiliki daya tarik tersendiri, seperti kebun buah dan lokasi puncak untuk menikmati Sungai Mahakam. 
Tersedia juga gazebo bagi para pengunjung yang datang. Untuk masuk, dipastikan bahwa hingga saat ini belum dilakukan pemungutan biaya. Hal itu karena belum lengkapnya fasilitas pendukung. Namun, pihaknya berjanji akan segera menambah gazebo lagi dan WC umum sambil melakukan penataan taman di lokasi wisata. Konsep wisata yang disediakan seperti penginapan, permainan, dan lain sebagainya rupanya sudah mulai mencuri perhatian. Dibuktikan dengan kedatangan wisatawan dari daerah lain, seperti Paser, Balikpapan, dan Samarinda. Wisatawan mengaku mengetahui Taman Gunung Kelapis Permai melalui media sosial. Bahkan ada juga pengunjung yang berasal dari sekolah-sekolah yang datang untuk belajar kelompok. Alasannya  suasana lokasi wisata yang sejuk. Tempat ini juga sering dijadikan tempat foto prewedding.

 Dispar Diwawancara Mahasiswa Semarang

Event yang diikuti Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara di Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 (Semarak JejaKK Kreatif) di yang berlangsung di Semarang tanggal 18 s/d 21 Mei 2023 ternyata menarik perhatian mahasiswa sekitar kota Semarang. Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Bapak Triyatma diwawancarai mahasiswa Politeknik kota Semarang jurusan pariwisata tentang ekonomi kreatif dan peran serta media sosial dinas pariwisata kutai kartanegara. Ekonomi kreatif di Kutai Kartanegara terlihat beberapa tahun terakhir terus berkembang, dengan mengadakan beberapa event yang melibatkan para pelaku usaha ekonomi kreatif. 
Membahas tentang peran penting media sosial, Bapak Triyatma menjelaskan pentingnya media promosi melalui media sosial. Sekarang, Dinas Pariwisata terus aktif dalam mempromosikan suatu kegiatan kepariwisataan melalui media sosial baik itu Facebook maupun Instagram. Dengan cakupan pengguna media sosial yang sangat besar di tanah air, media sosial merupakan wadah yang sangat berpotensi dalam menyebarkan informasi mengenai perkembangan pariwisata di Kutai Kartanegara baik itu ekonomi kreatifnya, event yang dilaksanakan, maupun objek wisata yang tersedia di Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Etam Fest 5 Akan Dilaksanakan

ETAM FEST 5 - Borneo Tribute. Ada UMKM Space, Mural Exhibition, Music Performance, Offroad Car Show, Clothing dan masih banyak keseruan lainnya. Tunggu informasi lebih mendetail mengudara ya! Sampai jumpa di Etam Fest 5 - BorneoTribute. 03 Juni 2023. Festival ini dilaksanakan di Halaman Parkir Kantor Bupati Kutai kartanegara. Kreatifitas tanpa batas kini menjadi salah satu ikon yang cukup melekat pada komunitas – komunitas yang ada di Kutai Kartanegara. Etam Fest di gelar sebagai salah satu upaya untuk mengumpulkan berbagai komunitas kreatif anak anak muda di Kutai Kartanegara agar bisa berkumpul bersama, dan pada dasarnya bertujuan untuk menumbuhkan dan mendorong pergerakan industri kreatif agar bisa berbuat lebih untuk daerah. 

 Pekan Kreatif Daerah Desa Bangun Rejo

Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Komite Ekonomi Kreatif Kecamatan Tenggarong Seberang mempersembahkan PEKAN KREATIF DAERAH. Sebuah event untuk memberikan ruang bagi insan kreatif, pelaku seni budaya dan pelaku UMKM untuk menampilkan produk unggulannya. Kali ini PKD di gelar di Kecamatan Tenggarong Seberang. Dilaksanakan dari Tanggal 23-27 Mei 2023 - Lapangan Garuda Mas Desa Bangun Rejo L III. Datang dan ramaikan, jangan lupa bawa uang lebih untuk berbelanja di bazar kuliner UMKM produk unggulan lokal Kecamatan Tenggarong seberang dan sekitarnya. Event ini tidak dikenakan biaya masuk atau gratis. Pekan Kreatif Daerah ini dilaksanakan sesuai dengan visi misi Kukar Idaman yang akan mengadakan banyak festival khususnya pada tahun 2023 dengan tujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan membangun UMKM agar terus berkembang sehingga seluruh aspek baik itu ekonomi maupun pariwisata mengalami peningkatan.

 Mengenal Potensi Alam Tabang

Pergi ke Kecamatan Tabang sepertinya belum lengkap tanpa menikmati keindahan alam sekitarnya. Kecamatan Tabang biasa dikenal kaya akan budayanya, namun tidak hanya itu saja, Tabang juga memiliki potensi alam yang indah dan asri. YouTuber ternama, Asrinda Basri turut ikut menikmati keindahan alam Kecamatan Tabang. Berdasarkan letak geografisnya, Kecamatan Tabang beriklim tropis basah. Wilayah ini dilalui oleh satu sungai besar, yaitu Sungai Belayan dengan lebar sekitar 100 meter dan kedalaman hingga 10 meter. Kecamatan Tabang dilalui oleh satu sungai besar, yaitu Sungai Belayan dengan lebar sekitar 100 meter dan kedalaman hingga 10 meter. Sungai Belayan mengalir dari Desa Muara Tuboq di hulu sungai hingga Desa Gunung Sari yang paling hilir. 
Dari Sungai Belayan tersebut, mengalir beberapa anak sungai, seperti: Sungai Ritan, Sungai Bengen, Sungai Pedohon, Sungai Len dan Sungai Atan. Selain itu, Kecamatan Tabang juga merupakan daerah dataran yang berkelok dan terdapat banyak gunung diantaranya: Gunung Mendam, Gunung Babi, Gunung Botak, Gunung Peninjauan, Gunung Kelopok, Gunung Salip/peq, Gunung Ngenyek dan masih banyak lagi gunung-gunung kecil lainnya.

 Band Tipe-X Meriahkan Festival Laut Samboja

Penampilan band terkenal Tipe-X berhasil memeriahkan puncak Festival Laut Nusantara Samboja pada Sabtu (20/5) malam tadi di Kelurahan Kuala Samboja, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Band beraliran ska ini membawakan lagu-lagu terbaiknya seperti Mawar Hitam, Boyband dan Kamu Nggak Sendirian. Penampilan energik mereka yang berlangsung selama satu jam ini sukses membawa ribuan jiwa lintas generasi terlarut dalam suasana. Bagaikan terhipnotis oleh alunan lagu yang dibawakan, seluruh penonton hingga tamu terhormat bersama-sama menyanyikan tiap penggal lirik lagu Tipe-X sembari menari dengan semangat mengikuti irama khas Tipe-X. 
Penampilan Tipe-X ini menandai sampainya Festival Laut Nusantara Samboja pada penghujung acara setelah dimulai pada Jumat (19/5). Dan ditutup dengan kegiatan Beseprah pada Minggu (21/5). Disampaikan Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin, festival ini merupakan bagian dari Kukar Kaya Festival yang memiliki misi untuk menghadirkan 100 festival berbasis hiburan rakyat selama 2021 hingga 2026. Festival ini bertujuan memberikan efek domino, yakni memberi hiburan rakyat sekaligus menggerakkan ekonomi rakyat.

 Kesenian Kutai Tampil Memukau Di Semarang

Kesenian Tingkilan khas Kutai, binaan Dinas Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara (Kukar) pukau penonton di panggung utama “Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 (Semarak JejaKK Kreatif), Semarang (20/5/2023). Paduan dua alat musik Gambus dan Gendang/Tar mengiringi  dua buah lagu “Begenjoh” yang mengisahkan muda mudi lagi ramai sindir-sindiran antara pria dan wanita, dan lagu “Erau” yang mengisahkan suasana ramai dalam rangka melaksanakan upacara spiritual Erau di Kutai Kartanegara yang dinyanyikan langsung oleh ASN Dinas Pariwisata, Ibu Dayang dan Ibu Widia. 
Tak kalah memukau, penampilan “Sampe” dipadu dengan penampilan talen Tenggarong Kutai Carnival (TKC) juga memukau penonton. Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara, bapak Drs.Triyatma berharap, semoga dengan adanya penampilan seperti ini menjadi pemicu buat generasi muda untuk selalu mencintai budaya yang kita miliki agar budaya yang ada akan terus ada keberlangsungannya hingga generasi penerus turut ikut serta melestarikannya.

 Dinas Pariwisata Dalam Semarak Jejak Kreatif

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara di Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 (Semarak JejaKK Kreatif) di yang berlangsung di Semarang tanggal 18 s/d 21 Mei 2023. Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bebas dinikmati oleh siapapun. Bukan hanya itu, Kukar juga memiliki kaya event, baik event nasional maupun international. Guna mempromosikan kekayaan wisata yang dimiliki, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata Kukar mengikuti kegiatan “Semarak Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia 2023 (Semarak JejaKK Kreatif) di Semarang tanggal 18 s/d 21 Mei 2023.
Bupati Kukar Drs. Edi Damansyah didampingi Asisten II  Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kukar Wiyono, Kepala Dinas Pariwisata Kukar H. Slamet Hadiraharjo, Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dispar Drs. Triyatma, Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar Parida hadir dalam kegiatan ini, dan sekaligus menyambut kedatangan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ke stand pameran Dispar Kukar dan sekaligus menyematkan dan memberikan souvenir khas Kukar. Salah satu kegiatan yang dipromosikan dalam kegiatan ini adalah kesiapan penyelenggaraan event “Tenggarong International Folk Arts Festival” (TIFAF) pada bulan Juli nanti, dan Sejumlah hasil kerajinan yang dimiliki.
   

 Pesta Laut Festival Pesisir Kuala Samboja 2023

Keseruan Kegiatan Pesta Laut Nelayan Kuala Samboja hari Sabtu (20/5). Akan ada penampilan dari band terkenal, Tipe-X pada malam harinya. Beragam kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian event Pesta Laut Nelayan Kuala Samboja. Ritual melarung atau sedekah bumi ke tengah laut menandai puncak pelaksanaan Pesta Laut Festival Pesisir Nusantara 2023 di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Ritual adat turun temurun ini diramaikan ratusan nelayan sebagai bentuk ungkapan syukur mereka atas rezeki tangkapan melimpah yang telah diberikan.
Kegiatan ini dibuka Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin pada Sabtu (20/5) pagi tadi. Seusai pelaksanaan ritual sendiri, warga dan para nelayan melanjutkan pesta. Sebagai bentuk lain bersyukur, warga bersenang ria melakukan kegiatan Belimbur. Yang berarti mensucikan diri. Dan akan ditutup dengan kegiatan beseprah atau makan bersama hasil laut bersama warga pada Minggu (21/5) keesokan harinya. Sedekah bumi ini rutin dilaksanakan di kecamatan-kecamatan pesisir yang kaya di sektor perikanan. Karena telah menjadi keyakinan mereka sebagai bentuk syukur atas hasil laut yang melimpah di Kukar. Dan di Kecamatan Samboja ini sudah ketiga kalinya terlaksana dengan dukungan Pemkab Kukar. Tepatnya tahun 2018 lalu, festival ini terakhir digelar Pemkab Kukar.