Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 33
Total Hits : 1,816,474
Pengunjung Hari Ini : 22
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 498,691

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 106 Next > Last >>

 Festival Danau Semayang Ke 5

Festival Danau Semayang ke-5 Desa Pela Kec. Kota Bangun (30/11/2022) Kelima kalinya “Festival Danau Semayang” di Desa Wisata Pela Kecamatan Kota Bangun Kab. Kutai Kartanegara dilaksanakan (30/11/2022), dengan mengangkat tema “Menjadikan Desa Wisata Pela Berkelas Dunia”. Ketua Pokdarwis 3B merangkap ketua BPD desa Pela, Alimin, menyampaikan, pelaksanaan Festival Danau Semayang bertujuan untuk mengangkat potensi yang ada dan mempertahankan kearifan lokal agar tetap lestari terlebih Desa Pela pernah mendapat juara dua “Creatif Destination Tourism Award” tahun 2022, masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022, dan juara tiga ADWI kategori Kelembagaan. 
Festival Danau Semayang ke-5, secara resmi dibuka oleh Edi Damansyah, Bupati Kutai Kartanegara yang diwakilkan oleh Kabid Pemberdayaan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Drs. Hery Rusnadi, sekaligus membacakan sambutan Bupati, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Pokdarwis dan seluruh masyarakat Desa Pela atas raihan prestasi yang luar biasa, masuk 50 besar Nasional dan penghargaan juara 3 Kelembagaan pada Anugerah Desa Wisata Indonesia.

 Pelatihan Pemandu Wisata Lokal Kecamatan Muara Badak

Pelaksanaan pelatihan Pemandu wisata lokal untuk tenaga kerja destinasi pariwisata serta penyusunan paket wisata kecamatan Muara Badak dan Kecamatan Marang Kayu yang dilaksanakan di pantai panrita lopi selama 3 hari dari tanggal 11-13 November 2022 lalu, tujuan pelaksanaan pelatihan pemandu wisata lokal ini diperuntukkan bagi tenaga kerja destinasi pariwisata yang selalu berinteraksi dengan berbagai wisatawan agar pengunjung yang datang bisa terlayani dengan maksimal.
Penyusunan paket wisata juga menjadi materi yang dibahas dalam pelatihan tersebut. Dengan disusunnya paket wisata di kecamatan Muara Badak, diharapkan bisa memudahkan akses maupun informasi yang diterima wisatawan melalui paket wisata yang ditawarkan. Wisatawan dipersilahkan memilih mana paket yang tepat untuknya berwisata sehingga tidak perlu lagi mencari tahu karena semua informasi baik itu kontak reservasi, kendaraan, hingga makanan tersaji dalam paket wisata yang akan disusun nantinya. Harapannya agar bisa memudahkan wisatawan berwisata sehingga tingkat kunjungan juga akan meningkat.

 Pekan Kreatif Daerah Kecamatan Loa Kulu

Dinas Pariwisata kembali menggelar “PEKAN KREATIF DAERAH”, kali ini berada di Kecamatan Loa Kulu 19 - 24 November 2022 Lapangan eks. Kayu Mas Seni Pertunjukkan yang menghadirkan musik dan tari kesenian lokal, Fashion contest, serta Bazar UMKM. Pekan Kreatif Daerah merupakan acara yang mengusung tema kreatif untuk insan muda mudi maupun pelaku kreatif untuk menunjukkan kreatifitasnya sehingga dengan adanya acara pekan kreatif daerah ini bisa menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk berkreasi maupun berinovasi. Diperkirakan pekan kreatif daerah yang berlangsung di Kecamatan Loa Kulu ini akan meriah seperti pekan kreatif daerah yang sudah berlangsung di kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Bimtek Pemasaran Pariwisata Pasar Asia Pasifik

Bimbingan teknis pemasaran pariwisata pasar Asia Pasifik di Provinsi Kalimantan Timur Kab. Kutai Kartanegara berlangsung di Rumah Besar Jl. Ahmad Yani Tenggarong, hari Rabu 16 November 2022 pagi. Dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, bapak H. Slamet Hadiraharjo & wakil ketua Komisi X DPR RI Ibu Hetifah. Acara ini diikuti oleh para pelaku pemasaran pariwisata terdiri dari beberapa organisasi pariwisata & OPD terkait di Kalimantan Timur khususnya di Kutai Kartanegara. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Kemenparekraf RI dan Hetifah. Sebab telah menetapkan Kukar sebagai pusat kegiatan bimtek. 
“Saya mewakili atas nama Pemkab Kukar mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan ini saya berharap para narasumber memberikan gambaran yang bisa kita lakukan untuk pemasaran pariwisata di Kukar,” ucap beliau, Kadispar Kukar bapak Slamet Hadiraharjo. Beliau menyampaikan bahwa Kukar telah mendapatkan banyak apresiasi dari Kemenparekraf RI atas dedikasi dalam mengembangkan desa wisata. Salah satunya, Desa Pela, Kota Bangun yang telah berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik ADWI. Slamet memastikan Desa Pela bakal menjadi desa percontohan bagi desa lain yang ada di Kukar. 

 Kumala Music Festival Menyajikan Musik Kreatif

KUMALA MUSIC FESTIVAL 2022, Sebuah persembahan yang mengkolaborasikan seniman, komunitas dan para pelaku insan kreatif di Kota Bangun untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif melalui seni pertunjukkan dan akan menghadirkan ragam kuliner dan hiburan masyarakat tentunya. Tidak hanya itu, acara ini juga sekaligus menjadi pesta launching album KOMPILASI SENANDUNG MAHAKAM dan MV nya juga. Acara ini berlangsung di Kecamatan Kota Bangun pada event KUMALA MUSIC FESTIVAL 2022 tanggal 22 November 2022 di Lapangan SMA Negeri 1 Kota Bangun. Dengan adanya festival ini, diharapkan menjadi awal kemajuan musik lokal Kutai Kartanegara agar terus bisa melebarkan sayapnya di kancah dunia permusikan tanah air lewat karya-karya asli lokal pelaku seni musik Kutai Kartanegara baik itu kecamatan Kota Bangun maupun kecamatan-kecamatan lainnya.

 Meriahnya Festival Kampong Kuliner Garapan G7

Untuk memperkenalkan dan melestarikan kearifan  lokal serta sebagai ajang promosi, Komunitas G7 Muda Kreatif yang bertempat di Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong menggelar kegiatan yang bertajuk kampung kuliner tradisional. Kegiatan ini sendiri melibatkan puluhan pelaku UMKM dengan menjajakan berbagai aneka macam menu serta jajanan khas Kutai. Kegiatan  yang berlangsung di kawasan Gang 7 Kelurahan Baru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) ini diawali dengan tari jepen selamat datang dan di tandai pemukulan gendang rabana. 
Lurah Baru Fadlie, mengapresiasi kegiatan kampung kuliner tradisional yang ketiga ini, selain mengutamakan kearifan lokal kegiatan tersebut juga melibatkan para pelaku UMKM di sekitar Kelurahan Baru. Melalui kegiatan ini diharapkan, sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan kearifan lokal serta sebagai pengembangan ekonomi kreatif di Kelurahan Baru. “Harapan saya sebenarnya, kalau bisa, ada lahan khusus yang dibangun untuk kemudian dikembangkan untuk UMKM kita supaya bisa terus maju,” ujar beliau kepada media lokal setempat. Kampung Kuliner Tradisional yang ketiga ini sendiri, akan berlangsung selama 4 hari, dari tanggal 10 hingga 13 November 2022. 

 Pengumuman Ditundanya KUKARLAND FESTIVAL

Pengumuman Ditunda. Kepada teman teman yang sangat antusias terhadap KUKARLAND FESTIVAL, Tunggu informasi selanjutnya, tetap semangat! Sampai jumpa di KUKARLAND FESTIVAL. Setelah  rapat koordinasi dengan pihak keamanan dan satgas covid-19 terkait kesiapan event KukarLand Festival 2022 yang seyogyanya siap dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2022, dengan berat hati kami umumkan ditunda sampai dengan pengumuman baru lebih lanjut. Keputusan ini kami ambil sebagai langkah antisipasi teknis keamanan dan keselamatan pengunjung serta pencegahan merebaknya kembali virus covid-19 bagi para penonton yang rencananya akan datang ke KukarLand Festival 2022 mengingat beberapa daerah kembali dalam zona merah.

 Event Capturing Kukar Untuk Pecinta Photo & Video

Dinas Pariwisata Kukar mengadakan event CAPTURING KUKAR untuk kawan kawan yang senang dengan Photography atau Videography untuk saling bersilaturrahmi. Event ini juga akan dimeriahkan oleh : Atraksi Kesenian SMKN 1 Sebulu, Congkil Dermaga "Sebulu", Anggel Kustik "Samarinda", Gawal Maha "Sebulu", Quadra MP "Tenggarong", dan BonBom Ska_q "Sebulu". Event berlangsung hari Minggu, 6 November 2022 dimulai Pukul 16.00 sampai selesai. Dalam acara ini juga ada pemutaran film layar retak untuk May. Diharapkan event  Capturing Kukar ini bisa berkelanjutan seriap tahunnya sehingga bisa menambah kreatifitas anak-anak muda di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Yayasan Gubang Wakili Kukar Di Festival Mahakam 2022

Tampilan tim kesenian yayasan Gubang mewakili Kabupaten Kutai Kartanegara di panggung Festival Mahakam 2022 Kaltim. Festival Mahakam sendiri berlangsung di Samarinda mulai tanggal 1-6 November 2022. Pemerintah Kota Samarinda resmi menggelar acara tahunan Festival Mahakam mulai Selasa sampai Ahad, 1-6 November 2022. Festival Mahakam merupakan salah satu  event yang masuk dalam Kalender Tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan yang berpartisipasi dalam acara  tersebut salah satunya perwakilan dari Kabupaten Kutai Kartanegara, yaitu Yayasan Gubang.
Acara tersebut diharapkan para pelaku usaha atau masyarakat bisa memanfaatkan Festival Mahakam untuk menggerakkan roda perekonomian setelah terdampak pandemi Covid-19. Dalam melaksanakan Festival Mahakam ini,  pemerintah kota setempat ingin membangun perekonomian bangsa sekaligus memberikan hiburan kepada masyarakat Samarinda dan seluruh warga Kalimantan Timur termasuk Kabupaten Kutai Kartanegara.

   

 Maulid Nabi Muhammad Di Dinas Pariwisata

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Keluarga Besar Dinas Pariwisata & Dharma Wanita Persatuan Dispar Kutai Kartanegara, Selasa 1 November 2022 pagi. Pagi itu dihadiri langsung oleh Kepala Dispar Kukar, bapak H. Slamet Hadiraharjo. Acara maulid Nabi Muhammad SAW menjadi agenda rutin setiap tahunnya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata untuk selalu mengingat baginda nabi dalam kesehariannya maupun aktivitasnya agar senantiasa bisa menjadi suri tauladan bagi semua khususnya karyawan karyawati di lingkup Dinas Pariwisata.
Selain dihadiri oleh pejabat terkait, acara ini juga dihadiri oleh seluruh pegawai baik itu ASN maupun Non ASN sehingga keberlangsungan acara tersebut menjadi wadah silaturahmi antar karyawan guna meningkatkan kerjasama dalam ruang lingkup kerja. Acara berlangsung dari pagi hingga menjelang siang.

   

Even Tahunan

Even