Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 121
Total Hits : 1,820,889
Pengunjung Hari Ini : 53
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 501,228

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 110 Next > Last >>

 Ramah Tamah Dengan Veteran Pejuang

Ramah tamah dengan veteran, janda & anak veteran peristiwa Merah Putih 27 Januari Sangasanga sekaligus penyerahan bantuan oleh Bupati Kukar Drs. Edi Damansyah.M.Si., yang akan dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Peringatan Peristiwa Merah Putih bukanlah sebuah agenda kegiatan tahunan semata, namun juga harus syarat makna.
Syukuran dan ramah tamah dalam rangka memperingati peristiwa perjuangan Merah Putih ke 76 Sangasanga tahun 2023 di Gedung Wisma Ria Kecamatan Sangasanga, Jum’at ( 27/1/2023). Selain adanya ramah tamah dengan para veteran pahlawan pejuang, acara tersebut juga ditandai dengan penyerahan bingkisan kepada para vetran dan keluarga vetran Pejuang Merah Putih. Pemerintah dalam hal ini sangat menghargai perjuangan para veteran dalam mempertahankan kedaulatan negara sehingga dengan adanya penyerahan bingkisan ini menjadi apresiasi lebih kepada pejuang-pejuang yang masih ada hingga sekarang.

 Upacara Peristiwa Merah Putih

Upacara Parade Peringatan Peristiwa Merah Putih & Penampilan Operet Merah Putih berlangsung di lapangan bola PT. Pertamina Sangasanga Jum’at pagi, 27 Januari 2023. Dihadiri langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara, bapak Edi Damansyah beserta jajarannya ikut dalam pelaksanaan upacara peringatan peristiwa merah putih. Dihadiri juga veteran-veteran yang terlibat dalam peristiwa heroik merah putih ikut mengikuti upacara bendera.
Ada juga aksi pertunjukan kolosal oleh para pelajar Sangasanga yang menceritakan perjuangan rakyat Sangasanga dalam melawan penjajahan. Sekolah-sekolah yang ada di Sangsanga juga mengikuti upacara bendera yang berlangsung khidmat tersebut mulai dari SD, SMP hingga SMA. Aksi heroik tersebut mengundang decak kagum penonton baik itu masyarakat maupun tamu yang hadir.

 Pembukaan Expo Peringatan Merah Putih

Pembukaan Expo UMKM Sangasanga, salah satu rangkaian acara peringatan perisitiwa peringatan merah putih pada hari Kamis sore, 26 Januari telah di buka secara resmi oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs. Edi Damansyah.M.Si., bersamaan dengan penetapan Kalender Event Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara 2023, di Lapangan Merah Putih Sangasanga. Expo kali ini mengangkat pasar kreatif UMKM di Kutai Kartanegara. Banyak UMKM yang ditawarkan pada expo kali ini, mulai dari produk-produk makanan maupun kerajinan tangan khas bertema lokal menjadi ciri khas dalam expo yang berlangsung mulai tanggal 26 Januari sampai dengan 3 Februari 2023.
Dinas Pariwisata dalam expo kali ini mengangkat menampilkan beberapa kerajinan khas lokal. Ada juga berbagai kerajinan tangan manik-manik berupa tas, dompet, dan benda-benda manik lainnya. Brosur dan travel guide juga ditampilkan di stand Dinas Pariwisata agar pengunjung yang datang bisa melihat berbagai objek wisata yang ada di Kutai Kartanegara melalui media cetak yang ditampilkan. Selain expo, kalender event Kutai Kartanegara 2023 diresmikan sehingga setiap bulan sepanjang tahun 2023 akan ada event-event seru di setiap kecamatan.

 Peristiwa Peringatan Merah Putih Sangasanga 2023.

Pelaksaan kegiatan Peristiwa Merah Putih di Kecamatan Sangasanga mulai dilaksanakan dari hari Sabtu 22 Januari sampai penutupannya 3 Februari 2022. Banyak agenda yang dilaksanakan dalam rangkaian acara Peristiwa Merah Putih mulai dari Napak Tilas, pembukaan kegiatan pesta rakyat di Monumen Pertahanan Merah Putih, gowes merah putih dari Tenggartong-Sangasanga, expo bersamaan dengan penetapan kalender event pariwisata Kutai Kartanegara, upacara peringatan ke 75 peristiwa merah putih, upacara ziarah makam pahlawan, dan pembagian bantuan untuk para pejuang veteran merah putih.
Mengulik Peristiwa Merah Putih Sangasanga yang merupakan peristiwa heroik di Sangasanga yang juga selalu diperingati setiap tahun dengan upacara bendera dan berbagai kegiatan lainnya. Sejarah secara singkatnya tentang peringatan Peristiwa Merah Putih Sangasanga berawal ketika tentara Belanda (NICA) pada tahun 1945 menguasai Sangasanga yang memang kaya akan sumber minyak. Hal tersebut membuat rakyat Sangasanga bersikeras mengusir Belanda, dengan melakukan perlawanan tiada hentinya sampai akhirnya bisa menang dengan heroik. Sebagai tanda peringatan perjuangan, di Sangasanga dibangun monumen perjuangan terukir nama-nama pejuang yang gugur pada saat itu. Peristiwa tersebut diperingati sebagai peristiwa Perjuangan Merah Putih Sangasanga 27 Januari. Rangkaian agenda peringatan peristiwa itu setiap tahun dilaksanakan dengan berbagai fariasi kegiatan, salah satunya Napak Tilas dan pameran pembangunan.

 Wisata Kembang Jaong Menjadi Favorit Keluarga

Nuansa awal tahun 2023 masih terasa sehingga berbagai macam objek wisata ramai dikunjungi wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. Objek-objek wisata khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara mengalami kunjugan yang tetap ramai terlebih pemerintah melonggarkan pembatasan yang berlaku sebelumnya akibat pandemi. Wisata tersebut ialah rekreasi dan edukasi Kembang Jaong, terletak di Desa Bensamar Kecamatan Tenggarong ini tetap menjadi favorit keluarga untuk berlibur terlebih masih dalam suasana awal tahun maupun saat akhir pekan.
Pengelola Objek Wisata Kembang Jaong Desa Bensamar ini buka setiap hari pada jam 09.00 – 17.00. Dengan membayar tiket Rp. 10.000 per orang dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak, kita sudah bisa menikmati indahnya spot foto maupun tempat-tempat edukasi disekitar area Kembang Jaong. Nima, wisatawan asal Kutai Timur mengatakan “wisata kembang jaong ini sangat tepat untuk berlibur keluarga, tempatnya nyaman dan banyak spot foto-foto”. Wisata rekreasi dan edukasi Kembang Jaong selalu didatangi pengunjung terlebih disaat awal-awal tahun baru 2023 lalu hingga saat libur akhir pekan tiba. Objek wisata yang menjadi favorit keluarga.

 Family Gathering Dinas Pariwisata Di Pulau Kumala

Kegiatan Family Gathering Dinas Pariwisata & Dharma Wanita Persatuan Dispar dalam rangka untuk menjalin tali silaturahmi dan membangun kinerja yang solid antar ASN diruang lingkup Dinas Pariwisata. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari Minggu, 22 Januari 2023 di Pulau Kumala. Berbagai macam lomba tradisional & senam bersama dilaksanakan mulai pagi. Dengan adanya kegiatan ini, Pegawai, THL, dan Dharma Wanita Persatuan Dispar bisa berkolaborasi dan membangun kinerja yang baik dalam suatu kegiatan yang dijalankan.
Pentingnya menjaga tali silaturahmi antar pegawai di Dinas Pariwisata karena dengan terjalinnya tali silaturahmi, maka kinerja dalam setiap kegiatan event yang melibatkan seluruh ASN Dinas Pariwisata dapat berjalan dengan baik. Diharapkan acara seperti ini menjadi agenda rutinan Dinas Pariwisata guna menjaga dan mempererat silaturahmi serta akan tetap solid kedepannya. Di akhir kegiatan, hadiah dibagikan bagi para pemenang lomba baik itu antar bidang maupun perorangan. Acara diakhiri dengan foto bersama.

 Akhir Pekan Di Pantai Mangrove Muara Badak

Momen libur akhir pekan sepertinya menjadi tidak terpisahkan dengan kata liburan. Apalagi wisata pantai menjadi andalan para wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara untuk menikmati wisata pesisir terlebih masih di awal tahun 2023. Kondisi sebelumnya saat masih pandemi terkadang cukup berpengaruh dengan jumlah pengunjung setiap harinya, tetapi saat sekarang aturan tersebut dilonggarkan, antusias pengunjung mulai pulih kembali untuk berwisata khususnya di Pantai Mangrove Kecamatan Muara Badak ini. Setiap akhir pekan, wisata pantai mangrove Muara Badak terlihat ramai dengan pengunjung.
Wisata pantai mangrove ini cukup berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya. Sepanjang pantai banyak terdapat pohon-pohon mangrove yang tersebar di sisi-sisi pantai. Terdapat juga keunikan yang ada pada pantai mangrove ini, jika kita datang pada pagi hari, kita akan melihat hamparan pasir yang begitu luas hingga kurang lebih 150 meter kearah laut. Jika saat siang hari atau menjelang sore, air laut akan kembali pasang namun sensasi gelombang bisa pengunjung rasakan langsung. Liburan akhir pekan yang seru di pantai mangrove Muara Badak.

 Replika Monumen Dunia Dan Kerajaan

Tempat ini cukup jarang diketahui masyarakat, taman ini bernama Taman Replika Kerajaan Dan Monumen Dunia, terdapat Replika bangunan-bangunan kerajaan seperti kedaton hingga monument dunia menara eifel yang ada di Prancis juga dibuatkan miniaturnya, tempat yang belum dibuka untuk umum ini nantinya bakal menjadi salah satu tempat swa foto yang ramai dikunjungi terlebih suasananya yang sejuk dan asri disekitar menjadikan tempat ini sebagai salah satu keunggulannya dalam menarik pengunjung.
Letaknya yang berada di antara objek wisata Waduk Panji Sukarame dan Museum Kayu menjadikan tempat ini bakal ramai setiap harinya. Masih ada beberapa spot yang dibangun sehingga belum dibuka secara resmi untuk dikunjungi. Walaupun belum resmi dibuka hingga kini, tetapi terkadang orang-orang yang berwisata di Waduk Panji Sukarame maupun Museum Kayu menyempatkan singgah di tempat ini walaupun masih dalam tahap pembangunan.

 Berwisata Alam Di Air Terjun Perjiwa

Berwisata alam identik dengan petualangan baik itu perjalanan mendaki maupun menikmati kesejukan alam yang indah dan asri. Terlebih Kutai Kartanegara memiliki salah satu wisata alam yang diminati pengunjung lokal maupun luar daerah. Objek wisata tersebut ialah Air Terjun Perjiwa yang terletak di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang. Hampir setiap akhir pekan selalu dikunjungi. Objek wisata ini selalu memperbaharui kepariwisataannya termasuk fasilitas maupun aksesibilitasnya. Terbaru, kita bisa mendayung perahu kecil menyusuri sungai yang berukuran kecil, sungai tersebut berhubungan langsung dengan air terjun. Untuk biaya menyewa perahunya cukup terjangkau, Rp. 20.000 per 30 menit untuk kapasitas 1 perahu 2 orang.
Fasilitas yang sudah dibenahi membuat para pengunjung merasa nyaman saat berwisata. Ada toilet, rest area, sedia makanan cepat saji bagi pengunjung yang ingin menyempatkan makan setelah berenang maupun mandi di air terjun membuat para wisatawan merasa betah. Ada yang berasal dari Balikpapan, Samarinda, Tenggarong Kota dan sekitarnya. Air Terjun Perjiwa ini akan terus dipoles kedepannya sehingga wisatawan bisa menikmati suasana alam yang asri dengan fasilitas yang sudah lengkap disekitar area air terjun.

 Ramainya Taman Kurma Saat Akhir Pekan

Taman Kurma Cempaka merupakan objek wisata yang terbilang baru, dengan mengandalkan konsep pohon kurma, menjadi ciri khas tersendiri untuk objek wisata ini. Terletak di Kelurahan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, objek wisata ini menawarkan spot-spot foto yang indah serta sejuk. Dikelilingi pohon yang rindang dan hijau, udara terasa segar disekitar area Taman Kurma Cempaka. Ada juga kolam berenang yang ramah untuk keluarga menjadi favorit untuk berlibur setiap akhir pekan maupun hari libur tanggal merah.
Beberapa objek wisata di Kutai Kartanegara ramai dikunjungi pengunjung yang berasal dari dalam maupun luar daerah salah satunya Taman Kurma Cempaka Kelurahan Loa Tebu. Terlihat setiap akhir pekan maupun hari libur tanggal merah, pengunjung cukup memadati objek wisata ini. Banyak anak-anak maupun orang dewasa ikut berenang di kolam berenang yang dikelilingi dengan pohon-pohon membuat suasana berenang menjadi segar karena suasana yang masih asri. Protokol kesehatan tetap diutamakan pengelola walaupun pemerintah sudah membebaskan pembatasan, semua demi kesehatan dan kenyamanan bersama selama berwisata.