Bos 222

Bekantan S Hitam

Tabang

Museum Mulawarmanr

Taman Gubangss

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray Baruss

Ladayass

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 8
Total Hits : 1,853,853
Pengunjung Hari Ini : 8
Pengunjung Online : 1
Total pengunjung : 521,634

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

<< First < Previous 1 2 3 ... 151 Next > Last >>

 Ramadhan Fest 2024 Resmi Dibuka Bupati

Ramadhan Fest 2024 resmi dibuka bupati Edi Damansyah hari Minggu (24/3) malam di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. Ditandai pemukulan Beduq dan penyalaan Kembang Api oleh Bupati bersama Forkopimda Kukar dan Forkopimcam Tenggarong, disaksikan para tamu undangan, peserta dan pengunjung yang hadir menyaksikan festival tersebut. Kegiatan diawali tari jepen yang dibawakan muda-mudi, pemasangan sorban oleh Ketua Pelaksana Masjid Agung Bisyron kepada Bupati dan Forkopimda/Forkopimcam, dan pembacaan Tarsul. 
Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan kepada badan pelaksana dan panitia masjid Agung pelaksanaan kegiatan ini, nantinya dilakukan evaluasi setelah pelaksanaan festival ini selesai. Evaluasi yang dimaksud adalah bagaimana kegiatan ini mempunyai daya tarik begi semua kalangan. Seperti menyediakan ruang dan waktu bagi aktivitas-aktivitas yang bernuansa Islami yang dilaksanakan oleh masyarakat dan komunitas-komunitas lainnya.
Untuk diketahui, dari 14 grup yang mengikuti lomba Begera’an Sahur, ada 4 regu berasal dari Samarinda dan Paser. 14 grup itu adalah Kopasus Begendangan (Loa Duri Ilir), Al Bar (Loa Janan), Teratai Krucil (Tenggarong), Raja Nusa (Tenggarong), Al Husni (Samarinda), Masjid Besar Mutmainnah (Tenggarong). Kemudian, Wali Songo (Tenggarong Seberang), Al Fattaah (Tenggarong), HSR 49 Percussion (Paser), Bigbro (Tenggarong), Three Al Zafaga (Tenggarong), Ashabul Kaffi (Samarinda), dan Nura Raya (Tenggarong). Seluruh rangkaian lomba mulai dilaksanakan pada tanggal 25 Maret hingga malam penutupan pada tanggal 30 Maret 2024.

 Buka Puasa Dan Serah Terima Jabatan Kadispar Kukar

Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan buka puasa bersama dengan seluruh jajarannya, pada Kamis (14/3/2024) di gedung Planetarium Jagad Raya Tenggarong, yang dirangkai dengan serah terima jabatan dari Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) Slamet Hadiraharjo kepada Sekretaris Dispar menjadi Plt. Kepala Dispar Sugiarto. Selanjutnya Slamet Hadiraharjo akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kukar. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) up Dispar Eka Yuyun Noorliany kepada Plt. DWP up Dispar Maryanti Sugiarto yang dihadiri seluruh pengurus dan anggota DWP up Dispar. 
Dalam sambutannya Slamet Hadiraharjo menyampaikan permohonan maaf atas nama pribadi dan keluarga atas segala kekhilafan saya, saya ini apa adanya, kita semua adalah keluarga dan teman. Terima kasih selama 2,5 tahun sudah membantu saya dalam bekerja, semoga apa yang kita lakukan menjadi amal dan ibadah kita semua, ujar beliau saat menyampaikan sambutan yang diawal sambutannya sempat menyatakan kesedihannya. Sementara Plt. Dispar Sugiarto dalam sambutannya mengatakan, Beliau selalu kita ingat, besar jasanya bagi Dispar, Beliau adalah orang tua kita yang dapat membina semua pegawai Dispar. 
Jabatan hanya titipan, kita semua adalah pelayan masyarakat. Mari kita saling mengingatkan, saling berkomunikasi, saling membantu, walaupun beliau mendapat tugas ditempat yang baru tapi kita boleh meminta pendapat kepada beliau, ujar Plt Kepala Dinas Dinas Pariwisata juga saat menyampaikan sambutannya. Diakhir acara, ada tukar kenang-kenangan lalu foto bersama dan makan buka puasa bersama.

 Lorong Pasar Ramadhan 2024 Resmi Dibuka Bupati

Pembukaan lorong pasar Ramadhan 2024 / 1445 H (Pusat Jajanan Kuliner Ramadhan Tenggarong) di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Selasa sore 12/3/2024. Pasar Kuliner ini berlangsung selama bulan Ramadhan. Acara ini dibuka secara resmi oleh bapak Bupati Edi Damansyah. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kukar H Sunggono, Forkopimda Kukar, Camat Tenggarong Sukono, tokoh agama, masyarakat dan sejumlah undangan lainnya. Edi Damansyah sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh panita pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong bekerjasama dengan para UMKM yang ada wilayah Tenggarong dan sekitarnya, sebagaimana diketahui bahwa lorong Pasar Ramadhan ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Dimana pada tahun ini menjadi penyatuan 3 lokasi pasar Ramadan, menjadi satu lokasi di kawasan Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. Yakni sebelumnya ada di sepanjang Jalan S Parman dan Jalan DI Pandjaitan Gang Ikhlas Tenggarong.
Menurutnya hal itu positif, karena Badan Pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman tidak hanya memfasilitasi untuk kebutuhan ibadah semata saja, namun mengubah kawasan masjid menjadi kawasan produktif. Salah satunya ditandai dengan Lorong Pasar Ramadan yang sudah memasuki tahun kedua ini. Bupati menjelaskan, ada 3 fungsi utama Masjid yaitu sebagai pusat peribadatan, Masjid sebagai pemersatu umat, Masjid sebagai aktivitas pemberdayaan, minimal pemberdayaan program umum yaitu tentang jama’ahnya atau pemberdayaan takmir Masjid sehingga nantinya kawasan Masjid Agung dijadikan Kawasan produktif sehingga aktivitas pergerakan ekonomi khususnya usaha mikro bisa terfasilitasi di Masjid Agung. Dan ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh pengelola Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, dan kita berharap nantinya Kawasan Masjid Agung Sultan Sulaiman akan dijadikan tempat berbagai kegiatan. 
Ada sebanyak 115 pedagang UMKM yang memenuhi kawasan Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong. Yakni di sebagian Jalan DI Pandjaitan, Jalan Monumen dan Jalan KH Dewantara. Pasar Ramadan terpusat ini dianggap sebagai solusi di tengah kritikan warga yang kerap merasa terganggu saat melintas di jalan yang terdapat pasar Ramadan. Selain menggelar Lorong Pasar Ramadhan,setiap malamnya Masjid Agung melakukan sholat tarawih berjamaah, dan pihak sponsor telah menyiapkan 2 orang berhadiah umroh bagi jamaah yang rajin, serta 20 sepeda sebagai hadiah. Di masjid Agung setiap sore dilaksanakan buka puasa Bersama terbuka untuk Masyarakat, pihak pengelola menyiapkan 200 – 250 porsi setiap harinya,kepada seluruh masyarakat yang ingin berbuka Bersama. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama pengurus Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong dengan Dinas pariwisata menggelar Festival Ramadhan pada pertengahan bulan diantaranya lomba busana muslim, cerdas cermat. Ada itikaf dan lain sebagainya.

 Ramadhan Fest 2024 Dipusatkan Di Masjid Agung Tenggarong

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal menggelar Festival Ramadan satu bulan penuh di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Kecamatan Tenggarong. Festival yang digelar selama bulan puasa ini akan menghadirkan berbagai macam hiburan dengan konsep religi. Festival Ramadan ini sudah diselenggarakan selama tiga tahun berturut-turut. Festival ini dilaksanakan selama satu bulan, dan sudah berjalan tiga tahun. Tahun 2024 ini menjadi tahun ketiga Festival Ramadan diselenggarakan. Dalam festival ini akan menampilkan hiburan musik religi dan berbagai macam perlombaan. Setiap harinya, ada penampilan musik religi di pintu masuk Masjid Agung, mulai pukul 16.00-18.00 WITA.  Kemudian ada lomba hapalan surah pendek, qiroati, cerdas cermat, lomba adzan, hadrah, fashion busana muslim, dai cilik, hingga lomba membangunkan sahur. Jenis-jenis kegiatannya kurang lebih sama seperti tahun sebelumnya. Sekalian ajang mencari bakat untuk anak-anak dan remaja. Festival ini akan berlangsung selama 1 bulan penuh mulai tanggal 11 Maret - 10 April, dimana semua UMKM kuliner akan dipusatkan di Masjid Agung. Jadi para pedagang yang biasanya berjualan di jalan Panjaitan, S Parman akan berkumpul menjadi satu titik.

 Penampilan Artis Dalam Rangkaian Pesta Laut Pesisir Nusantara

Ribuan masyarakat antusias menyaksikan penampilan Guyon Waton pada rangkaian Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 di Halaman Pasar Kuala Samboja, Minggu (3/3/24). Selain penampilan artis tersedia juga berbagai aneka UMKM yang berada di sisi panggung. Acara yang menjadi agenda tahunan di Kecamatan Samboja tersebut sangat di tunggu tunggu oleh masyarakat. Acara hiburan yang mendatangkan artis ibu kota menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat khusunya di daerah pesisir. Selain itu roda ekonomi masyarakat juga ikut berputar seiring dengan banyaknya pengunjung yang datang ke acara tersebut. Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar H Slamet Hadiraharjo melalui, Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Antony Kusbiantoro, mengatakan bahwa festival pesta Laut Nusantara merupakan komitmen pemkab Kukar melalui program Kukar Kaya Festival.
Ini merupakan program dedikasi dari bupati dan wakil bupati kita, bapak Edi Damansyah dan bapak Rendi Solihin untuk masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia. Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 di Samboja dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Maret hingga 6 Maret, dimulai dengan melarung itu prosesi adat masyarakat nelayan yang tiap tahun dilaksanakan secara turun menurun. Hanya saja tahun ini dirangkai dengan kegiatan festival agar lebih ramai dan besar lagi. Antusias masyarakat dari masyarakat sangat luar biasa, banyak masyarakat yang rela datang untuk menikmati hiburan yang disediakan oleh pemerintah baik Kecamatan maupun Dinas Pariwisata. Tidak hanya hiburan saja, puluhan stan UMKM juga memadati halaman pasar Kuala Samboja.
Event garapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), bersama Ekraf Kecamatan Samboja, sukses menyedot ribuan pengunjung. Masyarakat dari berbagai daerah, baik dari Kukar, Samarinda hingga Balikpapan, tampak memadati Lapangan Pasar Samboja. Selain untuk menyaksikan penampilan Guyon Waton dan Kiki Bintang Pantura, banyak di antara pengunjung yang datang untuk berburu kuliner, maupun jajanan di lokasi acara. Pesta Laut “Pesisir Nusantara 2024” memang menjadi wadah bagi pelaku UMKM mempromosikan, maupun menjual produk usahanya. Pada malam puncak Pesta Laut, terdapat banyak artis maupun penampil, di antaranya Ambo Nay – Hj Rembulang – Istri Baharuddin, JAS, Satellite MCB, Saus Kacang, Platina, Kiki Bintang Pantura, Guyon Waton dan Dj Pehol.

 Alternatif Wisata Pantai Di Kukar

Inilah salah satu alternatif wisata pantai yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Pantai Tanah Merah yang terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan suasana pantai yang alami bersama rindangnya pohon - pohon Pinus yang berjejer estetik, menambah keindahan pantai ini. Destinasi wisata yang pas bagi anda yang senang berekreasi bersama teman, kerabat dan keluarga. 
Dengan pemandangan khas pantai, suasana yang segar dibawah pohon-pohon pinus sembari menikmati makanan maupun cemilan yang tersedia dijual di area sekitar pantai menjadikan wisata pantai menjadi alternatif berlibur yang sangat tepat untuk melepas penat maupun menyegarkan pikiran. Pandemi mulai berakhir, saatnya refreshing dan jalan-jalan lagi untuk melepaskan letih dan jenuh. Jangan abai dan tetap patuhi protokol kesehatan, jaga diri dan kesehatan dimanapun kita berada. Salah satu objek wisata bahari dengan daya tarik potensial di Pantai Tanah Merah Samboja. Pantai ini memiliki bentang garis pantai yang panjang dengan karakteristik morfologi yang berbeda dibandingkan dengan kawasan pantai populer lain di sekitarnya. 
Pantai ini memiliki kondisi temperatur yang lebih sejuk dengan dominasi tutupan hutan pinus dan penyangga bakau pada batas daratan dan muara. Wisatawan cenderung memanfaatkan pantai untuk kegiatan perkemahan yang tentu saja menjadi peluang masyarakat lokal dalam menyediakan fasilitas penunjang. Sekarang sudah ada penyediaan peta informasi wisata Pantai Tanah Merah yang mencakup informasi site plan pantai, sebaran zona, sebaran atraksi, dan sebaran fasilitas. Selain itu, disediakan pula papan informasi berupa himbauan untuk menjaga norma dan kelestarian lingkungan yang disebar di beberapa titik strategis pada kawasan Pantai. Peta wisata juga tersedia dalam bentuk database yang dapat ditampilkan pada media elektronik. 

 Beragam Ritual Adat Budaya Pesta Laut Samboja

Ritual adat budaya Pesta Laut, Melarung dan Berlimbur, kembali digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), bersama masyarakat Kecamatan Samboja, pada Sabtu (2/3/2024). Prosesi adat dalam rangkaian Pesta Laut "Pesisir Nusantara 2024" ini dihadiri ribuan masyarakat, termasuk Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin. Prosesi ritual adat telah digelar sejak 2018 oleh Pemkab Kukar, yang dirangkai dengan beragam kegiatan lainnya. Ritual Pesta Laut mempunyai makna yang mendalam terhadap rasa syukur atas limpahan rezeki, terutama yang berasal dari hasil tangkapan nelayan di laut. Setelah hasil tangkapan nelayan dilarungkan, ritual berlanjut dengan berlimbur, saling melempar air. 
Berlimbur untuk membersihkan para nelayan dengan menggunakan air. Harapannya, nelayan semakin diberikan kemudahan dalam mencari rezeki, dan terima kasih kepada Pemkab Kukar yang telah menggelar kegiatan sangat meriah. Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin takjub dengan antusias masyarakat hadir untuk bersama-sama melakukan ritual Pesta Laut. Bahkan, Rendi Solihin juga terlibat dalam ritual berlimbur bersama masyarakat. 
Rendi memastikan Pesta Laut akan digelar rutin setiap tahunnya, sebagai wujud dukungan Pemkab Kukar terhadap pelestarian kebudayaan nusantara. Tahun 2024 merupakan tahun yang kesekian kali pelaksanaannya yang sebelumnya pertama kali pada tahun 2018. Sejumlah artis top Tanah Air akan menghibur masyarakat, di antaranya Ghea Youbi, Caca Handika, hingga Guyon Waton. Selain parade musik, di lokasi kegiatan juga terdapat bazar UMKM.

 Rapat Kerja Ekraf Sinegrikan Ekonomi Kreatif Kaltim

Rapat Kerja Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif se Kalimantan Timur Sabtu (24/2/2024) di Kawasan Objek Wisata Langit Timur Desa Loa Ulung, Tenggarong Seberang. Rapat tersebut membahas rencana bantuan kepada daerah yang memiliki potensi unggulan di sektor pariwisata yang dihadiri oleh seluruh kepala Dinas Pariwisata se Kalimantan Timur beserta jajarannya. Kepala Dinas Pariwisata Kukar, H Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa kegiatan Raker tahun ini diadakan di Kukar dengan tempat pelaksanaan di Langit Timur. Meskipun banyak objek wisata di Kukar, provinsi memilih Langit Timur untuk memperkenalkan potensi wisata kepada daerah lain.
Beliau mengusulkan bantuan untuk Kukar Festival Budaya Nusantara agar kegiatan yang sudah direncanakan Dispar Kukar tahun ini dapat terlaksana dengan baik, dengan dukungan pemerintah provinsi. Kepala Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara Dia menegaskan bahwa Kukar menjadi kiblat ekraf di Kaltim, diakui oleh Kementrian sebagai salah satu kabupaten/kota kreatif di Indonesia. Kukar sudah memiliki SK dari Bupati tentang Kekraf sejak 2019 dan telah memiliki gedung kreatif di Bundaran Tuah Himba yang diharapkan akan segera selesai.
Untuk mempertahankan keunggulan ini, Dispar Kukar perlu meningkatkannya, dengan melibatkan berbagai pihak seperti Dispora dan Disdikbud dalam kolaborasi untuk mendukung pengembangan subsektor unggulan, seperti film dan fotografi. Sementara itu Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kukar, Triyatma disela-sela acara Raker mengungkapkan harapan dari terselenggaranya Raker ini, agar seluruh kabupaten kota yang ada di Kaltim dapat bersinergi untuk membangun Ekraf Kaltim. Ekraf merupakan salah satu sektor yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan terimakasih kepada 10 kabupaten yang telah hadir pada Raker se-Kaltim ini.

 Ramah Tamah Raker Bidang Ekraf Se Kaltim Di Kukar

Plt. Asissten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Wiyono didampingi kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Slamet Hadiraharjo menghadiri malam ramah tamah Rapat Kerja (Raker) Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif se Kalimantan Timur, pada Jumat (23/2/2024) malam di halaman Planetarium Jagat Raya Tenggarong. Kehadiran Wiyono, selain memberi sambutan juga akan membuka Raker Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif se Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan pada esok harinya (24/2/2024) di Taman Gubang Tenggarong Seberang yang dihadiri oleh seluruh kepala Dinas Pariwisata se Kalimantan Timur beserta jajarannya. Wiyono saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, Sektor ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang dapat menunjang perekonomian daerah dan masyarakat sekitar, sektor ini perlu pendampingan yang baik oleh dinas teknis terkait. 
Dinas Pariwisata merupakan rumah kedua bagi pelaku ekonomi kreatif termasuk menjadi mitra ekonomi kreatif untuk memudahkan kolaborasi dalam berkegiatan. Dengan adanya kegiatan Raker ini dapat menghasilkan program-program kerjanya dan saling berkolaborasi memajukan ekonomi kreatif di provinsi Kalimantan Timur. Sementara kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo dalam sambutannya mengatakan bangga sebagai tuan rumah penyelenggara raker ini, karena dapat memperkenalkan daerah kami khususnya Tenggarong supaya lebih dikenal banyak orang. 
Sejak 2019 hingga terpilih kembali di tahun 2021 Kukar khususnya Tenggarong menjadi kota kreatif, Kukar telah membentuk komite ekonomi kreatif di 15 kecamatan dari 20 kecamatan di Kukar untuk mendorong ekonomi setempat. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kukar telah mendukung program kerja Dispar melalui program Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman.

 Wisata Persawahan Di Gubuk Semar Desa Badak Mekar

Desa Badak Mekar, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara ternyata menyimpan objek wisata indah dengan hamparan persawahan serta ditemani gemericik air kolam pemancingan ikan Nila. Objek wisata itu adalah Gubuk Semar. Diketahui, Objek wisata Gubuk Semar merupakan objek wisata yang masuk ke dalam 12 besar Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) tahun 2023. Persawahan yang berlokasi di Kilometer 45, jalan poros Samarinda-Bontang, memang tidak seperti pada umumnya, sebab telah disulap menjadi tempat wisata yang menarik. 
Bagi yang ingin berkunjung ke sana, wisatawan bisa merogoh kocek tarif masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin menginap, terdapat 15 unit tenda jenis glamping dan camping ground yang bisa disewa. Harga sewa glamping berkisar Rp 350-400 ribu per malam. Sedangkan harga sewa camping ground berkisar Rp 100 – 200 ribu per malam, dengan dua jenis pilihan yang didasarkan pada kapasitas daya tampungnya. 
Objek Wisata baru di Kecamatan Muara Badak ini memadukan konsep modern dan tradisional, objek wisata ini menjadi daya tarik tersendiri dengan keunikannya. Nuansa yang masih asri disekelilingnya, dengan hamparan padi yang luas menjadi tempat untuk berfoto bagi pengunjung maupun wisatawan yang dating. Fasilitas-fasilitas pendukung sudah dilengkapi pihak objek wisata seperti toilet, tempat makan, hingga glamping yang bisa disewakan bagi pengunjung. untuk tarifnya yang terjangkau, kita sudah bisa menikmati indahnya suasana alam dengan konsep tradisional yang dipadukan dengan modern.