Bos

Tabang

Dondang

Tari Kesultanan

Beluluh

Pulau Kumala

Bukit Bangkiray

BEKANTAN

Kaltim Park

Kaltim Park

Statistik

Hit hari ini : 109
Total Hits : 1,820,877
Pengunjung Hari Ini : 52
Pengunjung Online : 2
Total pengunjung : 501,227

Flag Counter

Home Berita dan Artikel

Berita dan Artikel

 Desa Pela Terus Berbenah

Dalam beberapa tahun terakhir, Desa Pela berhasil mengubah citra dari kampung biasa menjadi ikon wisata. Selain menjual hamparan alam berupa permukiman ‘kampung air’. Desa Wisata Pela juga menyajikan kearifan penduduk sekitar. Serta beberapa atraksi wisata yang menarik minat. Yang paling terkenal adalah melihat Pesut Mahakam di habitat aslinya. Desa Wisata Pela memiliki potensi besar. Tak hanya sebagai ‘proyek perwajahan’ Kukar dan Kaltim, Desa Pela juga dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan. Menurut bapak Sarkowi, Anggota DPRD Kaltim menilai, beberapa sarana di sana sudah mulai usang. Butuh pembaharuan. Pun aksesibilitasnya yang perlu pembenahan ujarnya kepada media lokal belum lama ini.
Desa Wisata Pela sendiri pernah kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno. Saat Pela masuk dalam kategori 50 desa wisata terbaik di Indonesia dalam gelaran Anugerah Desa Wisata 2022. Secara umum, bapak Sarkowi melihat adanya urgensi membangun industri pariwisata di Kaltim. Sehingga sudah saatnya pemkab, pemprov, dan pusat menjalin kolaborasi. Berbagi peran dan wewenang. Untuk mendukung industri pariwisata. Utamanya dalam pemaksimalan infrastruktur penunjang dan aksesibilitasnya.

 Dampak IKN Bagi Pariwisata Kukar

Ketua Asosiasi Marketing Indonesia Kabupaten Kutai Kartanegara, Hariyanto menyampaikan bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah sebuah peluang besar untuk meningkatkan data tarik masyarakat untuk bisa berwisata di Kalimantan. Bahkan kata Hariyanto, saat IKN Nusantara dalam tahap pembangunan infrastruktur pun, dampak positif itu sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. "Kehadiran IKN telah memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap kemajuan sektor pariwisata di Kaltim," kata Hariyanto dalam keterangannya kepada wartawan di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur belum lama ini. Hal yang cukup kentara dampaknya adalah diangkatnya Kalimantan Timur oleh banyak media. Manfaatnya adalah keterkenalan, masyarakat mulai banyak memperbincangkan kawasan Tanah Borneo itu secara luas. "Kalau kita perhatikan dan kita cermati isi pemberitaan media online nasional atau lokal dan sosial, keberadaan Provinsi Kaltim sudah familiar dikenal masyarakat nasional dan internasional, itu berkat brand IKN Nusantara," ujar beliau kepada media lokal setempat.
Perlu disiapkan segera daya dukung wisata unggulan, kualitas dan fasilitas  destinasinya, prasarana dan sarana transportasi yang terkoneksi secara baik, fasilitas hotel, dan oleh-oleh khasnya. Persoalan peningkatan kualitas sektor pariwisata juga harus didasari oleh 2 (dua) hal. Yakni supply (ketersediaan) dan demand (permintaan). Keduanya harus saling melengkapi dan menjadi poin penting untuk dipastikan dari sisi pemenuhannya. Dari sisi pariwisata, kita harus juga memperhatikan customernya siapa, itu akan menyesuaikan. Kalau destinasi wisata itu untuk wisatawan nusantara atau wisatawan asing,  maka produknya di dalam bisa disesuaikan ataupun kalau dua-duanya produknya juga bisa menjadi icon daya tarik juga terhadap wisatawan nusantara, sekaligus wisatawan asing.

 Lamin Etam Ambors Jadi Referensi Liburan

Destinsi Wisata Lamin Etam Ambors yang lokasinya masuk dari sekitar kawasan kilometer 28 Kecamatan Samboja, Kalimantan Timur sudah mulai diserbu warga terlebih saat awal pergantian tahun 2023. wisata ini menyediakan permainan uji nyali diantaranya “Flying Fox”. Ada juga disediakan kuda bagi yang ingin berkuda. Ada ternak bebek/angsa di kolam yang berdampingan dengan kolam pemancingan air tawar. Hingga ada Terapi Ikan. Kereta yang ditarik mobil berkeliling lokasi Wisata Lamin Etam Ambors dan masih banyak lagi wahananya.
Destinasi wisata ini juga menyediakan mobil ATV yang disiapkan di lapangan dengan kondisi cukup menantang. Ada beberapa hewan buas seperti ular dan lainnya. Selain itu, disediadakan juga gazebo atau rumah-rumahan berbagai ukuran. Bagi yang berwisata bersama sanak keluarga selalu menyewa gazebo ini untuk beristirahat semabari tidur-tiduran dan bercanda riang. Selain itu, di dalam lokasi Wisata Lamin Etam Ambors ini juga disediakan mushalla lengkap dengan ruang/kamar kecil dan berderet kran untuk berwudu dan masih banyak lagi wahana lainnya untuk berlibur bersama keluarga. Tiket masuk di arena wisata ini dipatok 25 ribu rupiah perorang dewasa dan 20 ribu rupiah untuk anak-anak usia 3-12 tahun.

 Wisata Danau Siran Yang Potensial

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara siap mempromosikan wisata Danau Siran yang terletak di Kecamatan Muara Kaman khususnya tahun 2023 ini karena memiliki panorama yang unik untuk dikunjungi. Danau Siran siap memikat wisatawan melalui wisata air menyusuri hutan gambut menggunakan perahu-perahu kecil. Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara beserta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memang saat ini lebih giat untuk menjadikan kawasan tiga danau yakni Semayang, Melintang, dan Jempang sebagai ancang-ancang untuk pusat pertumbuhan ekonomi baru. Kawasan tiga danau tersebut ditopang oleh danau-danau lain salah satunya Danau Siran yang sangat berpotensi untuk membangkitkan kegiatan ekonomi, pariwisata, dan sektor-sektor lainnya.
Di kawasan Danau Siran ini juga kita bisa menikmati suasana alam sambil menaiki perahu kano, mendengar suara kicauan burung, dan kumpulan pohon-pohon sekitar ini seperti pulau bila diamati sehingga Muara Siran ini bisa memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang berkunjung. Danau Siran terletak kurang lebih sekitar 130 kilometer dari kota Tenggarong. Perjalanan lewat jalur darat setidaknya 4 jam setelah itu diteruskan dengan transportasi air selama kurang lebih 30 menit.

 Ramainya Kunjungan Wisatawan Pada Awal Tahun

Potret awal tahun baru 2023, suasana Pulau Kumala ramai akan pengunjung. Pulau Kumala kembali menjadi magnet kunjungan khususnya pada awal tahun 2023 ini. momentum tahun baru juga bertepatan dengan nuansa libur sekolah menjadikan tempat wisata di Kutai Kartanegara terbilang ramai dikunjungi. Dari pagi hingga sore setidaknya parkiran Pulau Kumala selalu ramai akan pengunjung yang berasal dari berbagai daerah hingga luar daerah. Walaupun sempat tutup lama, Pulau Kumala kini mulai berbenah guna memberikan yang terbaik bagi pengunjung yang datang.
Tidak hanya di Pulau Kumala saja yang ramai, beberapa objek wisata di Kutai Kartanegara juga mengalami peningkatan kunjungan di awal tahun, mulai dari Ladang Budaya, Kembang Jaong desa Bensamar, Waduk Panji Sukarame, Taman Gubang, Istana Bunga Jembayan, Pantai Samboja, Pantai Muara Badak, dan beberapa objek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Setiap menjelang hingga awal tahun memang menjadi waktu yang paling ramai bagi pengunjung untuk datang berwisata ke Kabupaten Kutai Kartanegara.

 Program Dharma Wanita Persatuan Dispar

Kegiatan lomba lunch box, evaluasi dan presentasi program kerja tahun 2022/2023 hari Kamis (29/12) pagi di Hotel Grand Elty Singgasana. Seminar dengan tema "Etika Pengembangan Kepribadian & Komunikasi Efektif Membentuk Citra Diri Profesional" dan lomba hiburan fashion dengan tema batik untuk karyawati beserta UWP UP Dinas Pariwisata & arisan rutin. Kegiatan-kegiatan tersebut dalam rangka memperingati HUT Dharma Wanita Persatuan ke -23 dan hari Ibu yang ke 94.
Kegiatan ini juga sebagai wadah silaturahmi antar pengurus Dharma Wanita Persatuan Dinas Pariwisata agar menentukan program-program yang akan dijalankan pada tahun 2023. Banyak program baru yang dipresentasikan pengurus Dharma Wanita Persatuan Dinas Pariwisata dalam kegiatan ini, salah satu program tersebut mengarah kepada penguatan SDM maupun kegiatan sosial yang akan direncanakan pada tahun mendatang.

 Festival Kampung Berdaya 2022 Di Samboja

Wakil Bupati Kutai Kartanegara H. Rendi Solihin didampingi Camat Samboja Burhanuddin melepas peserta jalan santai dan senam bersama masyarakat Samboja, di lapangan bola simpang tiga Kuala Samboja, Sabtu (24/12/2022) dalam rangka Festival Kampung Berdaya, sekaligus peringatan hari ibu. Usai melepas peserta jalan santai, Wabup Rendi Solihin bersama camat, sekcam dan lurah Kuala Samboja berbaur dengan para masyarakat mengikuti jalan santai melewati rute yang telah ditentukan. Garis finish-nya berada di pantai wisata Tanah Merah Tanjung Harapan. Sesampainya di pantai wisata Tanah Merah, semua peserta berkumpul di depan panggung utama untuk mengikuti senam bersama. Ribuan masyarakat Kecamatan Samboja dengan penuh semangat mengikuti senam bersama.
Taburan hadiah menanti peserta yang beruntung, dari hadiah doorprize, hadiah jawab pertanyaan, hingga hadiah peserta terheboh. Kali ini Wabup Rendi memberikan hadiah istimewa, yakni hadiah umroh bagi peserta yang beruntung, dan hadiah utama satu unit sepeda motor. Wakil Bupati Rendi mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan dan antusiasme masyarakat Samboja yang luar biasa. “Jadi kita santai saja gak usah serius, karena kegiatan ini merupakan syukuran atas terkait pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Samboja, dan Festival Kampung Berdaya Samboja sehat,” ujarnya kepada media setempat.

 Rapat Perkada City Branding Kukar Asia Wonders

Rapat pembahasan draf rancangan peraturan kepala daerah (Perkada) tentang city branding Kukar Asia Wonders hari Kamis (22/12) di Hotel Grand Elty Singgasana. Rapat ini membahas tentang kesiapan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam mempromosikan city brandingnya yaitu Kukar Asia Wonders menyongsong tahun baru 2023. Evaluasi juga dibahas dalam pertemuan kali ini, bagaimana tata cara pengelolaan yang baik agar nantinya rancangan peraturan kepala daerah atau yang disingkat dengan Perkada bisa berjalan dengan baik.
Dengan adanya rancangan peraturan kepala daerah (Perkada) ini, diharapkan city branding Kutai Kartanegara dalam bidang pariwisata yaitu Kukar Asia Wonders bisa terus digaungkan agar branding ini bisa popular untuk kemajuan kepariwisataan di Kutai Kartanegara. Kukar Asia Wonders sendiri dipilih sebagai city branding berdasarkan voting yang sudah dilakukan sebelumnya sehingga terpilihlah Kukar Asia Wonders.

 Wonderful Kukar Ramaikan Kota Raja

Kemeriahan acara Rabu malam (14/12) event "Wonderful Kukar" menghadirkan artis ibu kota, RAN. Acara berlangsung 2 hari, dari tanggal 14 - 15 Desember. Pada malam (15/12) hari menghadirkan Febby Putri di tempat sama, Halaman Parkir PKM Tenggarong Seberang. Selain menampilkan artis ibu kota, ada juga tampilan dari band lokal ternama  seperti Adios, Sekar Kedaton, Suryakustik, Malik AK, Tazya Melodia, Oritama Rockdut, Bombon Skaq, dan Not a Project. Tentunya ada Bazaar & Kuliner dan masuknya gratis.
Event ini merupakan salah satu program yang dicanangkan pemerintah Kutai Kartanegara, yaitu “Kukar Kaya Festival”. Walaupun mengundang artis ibu kota sebagai penampilan puncaknya, tidak lupa kesenian daerah ditampilakan dalam panggung tersebut. Setiap event harus tetap bernuansa budaya daerah meskipun dikonsep dengan modern agar masyarakat selalu bisa melestarikan kearifan lokal daerah. Event Wonderful Kukar ini sangat meriah, sehingga membuat malam tersebut menjadi sangat ramai. Tahun depan Kukar Kaya Festival tetap dijalankan dengan event yang lebih meriah lagi.

 Kegiatan Analisis Dampak Event Kukar

Kegiatan pelaksanaan penyusunan dokumen Analisis Dampak Event terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2022 bekerjasama dengan Politeknik Negeri Samarinda POLNES. Kegiatan ini dilaksanakan hari Selasa (13/12) siang, di hotel grand elty Singgasana. Pembahasan dalam kegiatan ini tentang dampak yang terjadi manakala event itu dilaksanakan. Banyak pertimbangan suatu event itu terlaksana sukses atau belum, salah satunya harus berdampak kepada kunjungan, UMKM, hingga perputaran perekonomian disekitar masyarakat akan bergerak.Turut hadir para pejabat ruang lingkup Dinas Pariwisata beserta stafnya, dan juga hadir bapak Fauzan Noor dari POLNES yang turut memberi masukan serta menganalisis dampak event yang sudah dijalankan hingga sekarang.
Event di Kutai Kartanegara dari awal tahun  2022 hingga sekarang sudah berjalan cukup banyak dan terbilang sukses dilaksanakan karena mencakup beberapa kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara. Dengan adanya kegiatan tersebut, menjadi wadah evaluasi bagi pelaksana agar kedepannya eventevent akan terus meningkat pelaksanaannya.